November 16, 2017

#EXPLORE ELNIDO - PALAWAN: PAPAYA BEACH

"The sea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence."
-  Jules Verne




Butuh waktu ternyata untuk menunggu inspirasi menulis tentang perjalananku ke El Nido beberapa waktu lalu. Setiap lokasi wisata di sini menawarkan sisi keindahannya masing - masing, pantai yang asri, wisata selam dan terumbu karang yang patut untuk disambangi dan masih banyak lagi. Pertama kali saya menentukan untuk traveling ke El Nido, banyak yang bertanya: dimanakah itu? ada apa di sana? dan lain sebagainya. Ternyata tak banyak yang familiar dengan kota wisata satu ini (dan kadang berasa seru sendiri saat dibilang "kamu sukanya ke tempat - tempat yang ngga umum"). Padahal sebenarnya Palawan menawarkan banyak sekali wisata alam khususnya pantai, tebing-tebing, hutan, dan jajaran pulau - pulau indah yang bisa kita explore seharian (bahkan lebih dari satu hari, jika kalian mendatangi semua pulau - pulau favorit wisatawan).



Aku akan bahas bagaimana menuju El Nido dari pusat kota Palawan melalui post yang berbeda  Tapi kali ini, aku akan mengajakmu menengok keindahan Papaya Beach (Papaya mainland) di El Nido, Palawan. Kalau bicara singkatnya, El Nido sendiri berjarak 5 jam dari Puerto Princesa Airport - Palawan menggunakan van travel. Van travel ini akan berhenti satu kali di rest area untuk makan siang dan  istirahat sejenak (kita akan diberi waktu sekitar 30 - 45 menit untuk rehat).


MENUJU PAPAYA BEACH (PAPAYA MAINLAND)
Kamu bisa menyewa paket tour A melalui hotel tempat kamu tinggal, karena kebanyakan hotel dan penginapan di El Nido sudah terintegrasi dengan agen wisata / tour island hoping di El Nido. Ada 4 paket tour yang ditawarkan yakni A, B, C,D dan masing - masing terdiri dari setidaknya 5 lokasi pantai dengan harga rata - rata 1400 - 1600 PHP (dengan kisaran harga rupiah Rp. 285 per 1 PHP). Aku memilih paket A dimana di dalam tur ini termasuk Papaya Beach dan 4 tujuan lainnya. Pihak tur akan menjemput di hotel dan mengantarkan kita ke lokasi penjemputan perahu tur. Kami tidak stay di pusat kota El Nido, tapi di area Corong - Corong beach, dan di sini juga ada pelabuhan sederhana lokasi kita menunggu kapal (perahu lebih tepatnya) untuk menjemput sekitar pukul 09.00 WIB. Setiap tur merupakan full day tur yang berakhir setiap petang sekitar pukul 4 atau 5 sore.


With Bea and her husband. Say cheese from us!


APA YANG MENARIK DARI PAPAYA BEACH?
Pihak tur menyampaikan Papaya beach bukan merupakan island tapi mainland. Awalnya aku berpikir bahwa Papaya termasuk pulau terpisah karena kami memerlukan waktu sekitar 20 menit mengarungi perairan untuk sampai ke lokasi ini. Rexi, tur leader kami menyampaikan bahwa Papaya termasuk mainland karena masih menjadi satu daratan panjang El Nido. Jadi bukan pulau - pulau terpisah. Pertama kali melihat bibir pantai Papaya, langsung takjub dengan pasir putihnya yang indah terbentang, tebing laut yang cantik, dan yang pasti ada 1 warung sederhana penjaja kelapa muda. Pastinya dong, hal pertama yang aku lakukan pas menepi adalah "BELI KELAPA MUDA". Sempat terlupa untuk membawa minuman dari sebelum berangkat, jadinya gampang haus karena cuaca panas (khas anak pantai yang ujung - ujungnya tersengat matahari, sampai kulit belang - belang). Jadi apa saja point interest yang akan kamu temui di Papaya Beach?


1. Pasir Putih
Pantai ini masih asri. Masyarakat setempat selalu berpegang teguh pada "menjaga kelestarian alam". Kami, sebagai wisatawan dilarang mengambil hal - hal yang akan kita temui di laut maupun di pantai seperti membawa pulang pasir (hehhehe), membawa pulang ikan ataupun mencuri terumbu karang (meski sebenarnya mencolok banget ya kalau kita mau ngangkut-angkut batu - karang. Its mean, berat. Niat banget - hehehe!).



2. Ayunan & kelapa muda
Apa yang paling asyik dari pantai? Adalah duduk santai, ngadep laut (ngga ngomong apa -apa - kalau bisa ngga usah mikir apa - apa - g usah mikirin kerjaan! Hahahaha...). Lebih mantap lagi sembari minum kelapa muda karena di sini kamu bisa menemukan satu warung (((((warung)))) yang menjual makanan kecil atau minuman dingin (pelepas dahaga yang paling efektif). Selain ayunan, ada juga bangku - bangku khas handmade dari kayu - kayu berbagai bentuk.




3. Snorkeling time!
Bagi kamu yang bisa berenang, ada lokasi snorkeling di Papaya Beach (dekat dengan deretan tebing), karena di sini kamu bisa melihat terumbu karang cantik sepaket sama  ikan - ikannya. Jangan khawatir juga jika bukan good swimmer, karena pihak tur akan menyediakan pelampung (ini fasilitas wajib) dan juga kacamata selam. Jadi even kamu ngga bisa berenang paling nggak bisa ngambang sambil celup celub sebentar nengok ikan - ikan bawah laut. Asyiiikk...

4. Deretan pepohonan kelapa yang cantik
Orang Indonesia, wajarlah agak agak atraktif. Ngga bisa sedikitpun tenang saat menemukan lokasi foto yang instagramable. Di Papaya Beach, kamu bisa melihat deretan pohon kelapa (kuat berdiri di atas pasir putih indah di pinggir pantai - engga pinggir banget sih - tapi dekat).



TIPS!
1. Jangan lupa bawa minuman secukupnya saat island hopping di El Nido. Hal ini tentu untuk mengantisipasi dehidrasi karena kamu akan sering main air dan kepanasan karena cuaca.
2. Bawalah waterproft bag! Bisa dibilang ini adalah travel essential jika kamu explore pantai. Kamu perlu mengamankan barang - barang pentingmu seperti kamera, HP, dompet, atau baju ganti atau lainnya.
3. Gunakan sepatu khusus. Jika kamu hanya menggunakan sandal jepit atau sepatu kets pasti bukannya opsi yang tepat. Kamu perlu menggunakan sepatu khusus just in case jika kamu harus berjalan di karang (biar nggak luka dan salah menapak). Kamu tidak perlu membeli, karena ada pula yang menyewakan sepatu ini dengan range harga 100 - 200 dan kamu perlu kembalikan saat tur mu selesai.










jyujyujujtghyysea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence. Jules Verne
The sea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence. Jules Verne
sssssssssThe sea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence. Jules Verne
The sea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence. Jules Verne
The sea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence. Jules Verne
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/quotes/j/julesverne664799.html?src=t_seaThe sea is only the embodiment of a supernatural and wonderful existence. Jules Verne
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/quotes/j/julesverne664799.html?src=t_sea

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi