November 20, 2017

#EXPLORE EL NIDO: SURGA DI BALIK "SECRET LAGOON"

"Look deep into nature, and then you will understand everything better."
- Albert Einstein




Dulu....
Aku sempat berpikir kalau liburan ke pantai adalah hal paling monoton yang bakal aku pilih. Di pikiranku, hanya ada beberapa hal saja yang bisa kita lakukan di pantai yang garis besarnya sama: Main air (entah itu lari-larian manja di pantai, snorkeling, dan lain sebagainya). Satu lagi, mainan pasir. Istilahnya, pantai bukan suatu lokasi yang memiliki luasan tertentu yang bisa kita eksplore setiap sisinya atau kita bisa berjalan blok demi blok untuk mendapatkan view yang bagus dan lebih bagus lagi (dan beda dari view sebelumnya). Tapi, aku mulai berdamai dengan pemikiran skeptis macam itu. Satu tahun terakhir ada beberapa jenis pantai yang aku kunjungi baik di Yogyakarta (kota asalku), Jateng dan sekitarnya, atau bahkan saat aku berkunjung ke Filipina.

Pemandangan indah menuju Secret Lagoon

Bicara soal, kenapa Filipina?
Resolusi 2017 aku salah satunya adalah Intramuros, kamu bisa baca cerita tentang apa saja wishlist dan harapan 2017 di postinganku sebelumnya. Dari jauh hari tentu seluruh list lokasi yang dikunjungi sudah ada di buku khusus travelku. Sedikiti improvisasi dari rencana semula, akhirnya saya juga mengunjungi El Nido. satu kota di Palawan (Palawan ini juga sebuah pulau terpisah dari Manila).


LOKASI FAVORIT DI EL NIDO
Dari berbagai lokasi wisata yang ada di El Nido, Secret Lagoon adalah satu favoritku. Jatuh cinta dengan tebing - tebing pantainya, dan yang pasti pantainya, serta laguna tersembunyi yang mana kamu harus melewati lubang karang (akan ada laguna lagi di dalamnya, digenangi air laut dan sungguh menawan). Berlawanan dengan istilah "monoton" yang menghantuiku setiap berencana ke pantai, deretan pantai - pantai di El Nido sungguh menggugah rasa takjub yang tak henti - hentinya. Teman - teman dari tur leader mempersiapkan menu makan siang lezat (pastinya adalah seafood, buah - buaha, dan cola - eh nasi juga ada). Kenikmatan tersendiri adalah bisa explore keindahan pulau dan pantainya, ditutup dengan santap siang lezat. duduk di bawah pohon teduh berpasir putih dengan teman - teman baru (dari berbagai daerah, bahkan adapula dari Spanyol. I'm soooooooo happy!)

Secret Lagoon - El Nido


MENENGOK SURGA DI SECRET LAGOON
Memasuki tepian pantai, teman - temaan dari tur ini bersiap melempar jangkar, memastikan perahu kami stay di lokasi yang tak terlalu jauh dari bibir pantai. Kami perlu berjalan melalui perairan untuk "mandiri" menuju pantai (tak jauh, jaraknya hanya kurang dari 10 meter). Serunya, berjalan di perairan jernih warna biru, dengan karang - karang laut yang indah, sangatlah luar biasa. Mulai dari kedalaman tepat di bawah dagu, berangsur sampai perut, dan hingga mata kaki. Aku mengangkat waterproof bag-ku (padahal udah waterproof tapi tetap untuk berjaga - jaga, aku tetap seberusaha mungkin menjauhkannya dari air).

1. Pasir Putih & Karang Pantai
Adalah pemandangan pasti di hampir semua pantai - pantai di sini. Lengkap dengan karang - karang tinggi yang indah terbentang seperti gerbang pintu masuk ke masing - masing island. Amazing! Sebagai awam, aku melihat 3 karang utama di Secret Lagoon, yakni di "pintu" laguna, terbentang de sayap kanan sebelum perahu parkir ((((parkir))), karang kedua berukuran lebih kecil, berada membelah antara tepi pantai utama dan pantai yang sebelahnya lagi (bingung kan? sama. Aku juga bingung menjelaskannya biar nggak ambigu - hehehe).



Karang terakhir adalah yang paling menarik, karena kamu bisa menemukan lubang karang dengan diameter kurang lebih 100 cm (seukuran tubuh manusia dewasa). Kami harus bergantian melewati lubang karang ingi untuk masuk ke laguna rahasia (Secret Lagoon). Saat masuk ke lokasi Secret Lagoon, seperti kita masuk dalam sumur penuh genangan air setinggi perut hingga leher (tergantung dimana posisimu berdiri dan pastinya tergantung pasang surut air laut), karena ombak air laut bisa masuk ke lubang karang ini bahkan kami sesekali kena terpaan gelombang saat masuk melalui lubang karang ini.

Suasana di dalam Secret Lagoon, berasa ada dalam sumur.

2. Perairan Dangkal dengan Bibir Pantainya yang Indah
Tidak pernah bosan bermain air di sini. Jujur, aku nggak pernah menikmati "berenang" di pantai (tidak berenang sesungguhnya, sih!). Aku mengakui bahwa aku jarang "basah" kalau di pantai. Main air bukan  jadi favoritku selama ini, tapi khusus hari itu aku asik bermain air, lari -larian, dan menyapa turis - turis lainnya (Haha! Kepedean).



3. Hunting view buat foto!
Banyak lokasi yang bisa di explore di sini karena nggak cuman pantai tapi juga karang pantai, yang pasti adalah pantainya, kamu bisa menemukan "view" indah lainnya, karena karang - karang tidak mhanya ada di tepian pantai tapi kamu akan melihatnya di area dalam, berdiri tegak seperti gua - gua alam. K-E-R-E-N




LUNCH DI TEPI PANTAI
Harga paket tur kami sudah include dengan makan siang. Pasti kalian penasaran menu makan siang kami kan? Yang pasti adalah pork dibumbu bacem (dan pastinya kita nggak bisa konsum), ikan bakar, terong asam (Terong ini dicampur dengan bahan lainnya seperti tomat, potongan cabe segar dan lainnya, dan aku menyebutnya terong asam karena memang rasanya asam, dan bisa dibilang terongnya hanya direbus setengah matang dan semi hancur), cumi bakar, buah - buah segar, dan soda (ada juga air putih). Makan siang beramean ternyata seru juga! Setelah makan siang, kami bisa bersantai sembari duduk beralaskan pasir putih. Bercanda dan akhirnya bisa ngobrol lebih banyak lagi dan lagi.


We're ready for lunch!

Oh ya, dalam perjalanan ke Filipina kali ini, we always try to open mind karena memang mayoritas di sini adalah pemeluk Katolik, jadi mengkonsumsi pork sudah seperti makanan harian. Berbeda dengan perjalanan sebelumnya ke Malaysia, Singapore ataupun Thailand, penyesuiaan makanan lebih sulit di Filipina karena culture dan religion. As a democratic people, aku selalu berusaha menempatkan diri dimanapun aku berada (dengan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku di tempat asalku). Bukankah siap traveling berarti harus siap melihat banyak perbedaan di muka bumi, bukan? :)



That's all!
Masih banyak cerita seru lainnya selama di El Nido, dan pasti aku akan kembali dengan banyak postingan selanjutnya. Ada komentar atau pertanyaan? Bisa langsung tinggalkan pesan di kolom komentar atau email me for sure!


Warm hug!





cccLook deep into nature, and then you will understand everything better. Albert Einstein
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/albert_einstein_106912?src=t_natureLook deep into nature, and then you will understand everything better. Albert Einstein
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/albert_einstein_106912?src=t_nature

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi