May 14, 2018

OBYEK WISATA MURAH DI HONG KONG (RINCIAN BIAYA)

"Whatever you do, or dream you can, begin it. Boldness has genius and power and magic in it." 
– Johann Wolfgang von Goethe


Seminggu di Macau - Hong Kong sebenarnya kurang puas jika kamu ingin explore semua lokasi. Sebelum aku cerita tentang indahnya Macau, kota bekas jajahan Portugis ini aku akan sharing tentang beberapa lokasi wisata free di Hong Kong. Aku menuju Hong Kong dari Macau naik kapal Turbojet  di termina Ferry Macau. Harga tiket Turbojet per orang adalah 160MOP menuju Kowloon Hong Kong, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam. Setelah memasuki area Ferry Terminal silahkan cari konter tiket Turbojet (naik 1 lantai dari pintu masuk). Di sana kamu akan melihat beberapa konter lengkap dengan tujuan turun ferry seperti Kowloon atau mau ke Hong Kong Central. Sebagai informasi, Hong Kong seperti pecahan pulau - pulau, aku stay di daerah Kowloon, tapi ada beberapa juga lokasi yang aku kunjungi di Hong Kong central. Kamu bisa naik MTR atau ferry setiap mau menyeberang / menuju ke beberapa bagian Hong Kong. Buat kalian yang ingin ke Disneyland juga berada di area lain, demikian juga airport Hong Kong yang terletak di Lantau Island. 

Tiket Ferry. Photo by @DinataAyu
Ferry Terminal Macau. Photo by @DinataAyu
Sedikit cerita, kami sempat bingung pertama kali menginjakan kaki di Hong Kong, karena saat keluar dari lift Ferry terminal di HK ternyata pintu keluarnya mengarahkan kita ke mall. Apalagi SIM card yang aku beli di Macau masih penyesuian dengan jaringan internet yang ada di Hong Kong (jadi butuh waktu beberapa saat untuk koneksi kembali normal). Kami jalan ke Nathan Road, menuju hotel kami di area Chungking Mansion. Area ini banyak banget Indianya, makanya kalian akan lebih mudah mendapatkan makanan halal di sini karena bisa dibilang Chungking Mansion ini semacam pertokoan tapi ada yang nyambung (connecting) ke hotel - hotel yang cukup terjangkau budgetnya.

1. Ladies Market & Sneaker Street
Bicara tentang wisata free sebenarnya banyak lokasi wisata yang memang gratis di Hong Kong, godaannya cuma 1, kamu belanja apa engga. Gitu aja sih simplenya. Malam pertama di Hong Kong aku sengaja mampir ke Sneaker Street dan Ladies Market yang lokasinya nggak terlalu jauh. Area pedestrian di sini juga cukup enak buat jalan kaki, ditambah bisa lihat deretan pertokoan yang menjual berbagai brand nasional ataupun mancanegara (melihat lo ya, catet. Ini masih gratis kalau cuman lihat doang). Jalan di sini juga ngga berasa capek. Istilahnya, rambu lalu lintasnya jelas, kita aman buat jalan, terus area pejalan kakinya juga meski padat tapi kondusif deh.

Photo by @DinataAyu
Kami sengaja membeli oleh - oleh di hari pertama agar bisa langsung dipacking. Oh iya, Sneaker Street ini adalah deretan pertokoan yang kanan kirinya isinya sepatu semua. Dari cerita beberapa rekan yang udah ke sana, kalau beruntung mereka bisa dapat harga sepatu ori dengan diskon sampai 50% tapi saat kami kesana meskipun lebih terjangkau tapi harganya lebih tinggi dari online tapi dibawah harga toko. Jadi khusus untuk ladies Market dan Sneaker Street, pengeluaran tetap tergantung sama budgetnya masing - masing. Pun jika kalian tidak memutuskan untuk belanja, sebenarnya walking around sambil lihat suasana Hong Kong dan sesekali nyoba streetfood-nya juga untuk cukup enak kok.



2. Ten Thousand Buddha Monastery
Jika hotel kalian di area Nathan Road/ Tsim Tsa Tsui, kalian cari MTR terdekat (waktu itu aku dari MTR Tsim Tsa Tsui - Line Merah) terus ganti line hijau turun di Prince Edward, terus 2 x pemberhentian di Kowloon Tong. Dari sini kami pindah Line Biru dan turun di Sha Tin. Kamu tinggal tap aja kartu Octopus kamu di pintu masuk ke peron (apa sih nyebutnya, peron ya hehehe), dan tap lagi setiap kamu mau keluar (disitulah biaya perjalanan kamu dikenakan charge). Oh iya, kamu bisa beli Octopus Card di statiun MTR langsung aja ke Customer Service / bagian informasinya. Harga adalah 150HKD dengan saldo MTR 100HKD dan deposit 50HKD yang bisa di refund pas kamu balik ke Indonesia (refundnya di Bandara Hong Kong).

Photo by @DinataAyu
Kuil di Ten Thousand Buddhas Monanstery. Photo by @DinataAyu

Balik lagi ke cerita. Dari statiun MTR Sha Tin, kamu tinggal jalan keluar ikutin jalan dan pedestrian, belok kiri sekitar 20meter dan belok kanan di area pertokoan gitu, jalan lagi sampai ujung (seolah - olah jalan buntu). Tadinya aku pikir GPS ku error, ternyata memang lokasi Ten Thousand Buddha Monastery ada di jalan kecil di belakang gedung paling ujung. Pagi itu hujan gerimis, cuaca Hong Kong pada bulan Mei memang umumnya basah dan gerimis, jadi better kalau kalian ke sana cek dulu cuaca pada tempo kalian datang.

MTR map. Source

Tidak ada biaya masuk di lokasi ini. Di pintu masuk kalian akan langsung melihat deretan tangga - tangga yang mana kanan kirinya terdapat patung Buddha. Konon katanya jumlah anak tangga ini mencapai 430 anak tangga. Tangga pun dipersiapakan menjadi dua, sisi kanan adalah tangga biasa pada umumnya dan sebalah kiri adalah jalan khusus yang digunakan untuk masyarakat berkebutuhan khusus (misalnya menggunakan kursi roda dan lain sebagainya, biar lebih mudah saat family mendorong kursi rodanya). Meskipun capek dan pegel kaki macam gimana, tapi kami tetap berusaha menyelesaikan perjalanan sampai puncak. Sesampainya di puncak, kalian akan melihat kuil Buddha, dan juga indahnya view Hong Kong dari sini. Sebelum area puncak ini sebenarnya di 2/3 perjalanan, adapula pagoda dan 1 gedung lainnya. Cuma aku memang terlalu fokus sama kuil di puncak jadinya tidak sempat mampir ke Pagoda tersebut.

"Perhatikan angka/ huruf jalur exit saat ingin ke pintu keluar agar kalian tidak salah lokasi. Masing - masing exit door sudah diarahkan ke jalan/ gedung atau poin of interest tertentu untuk memudahkan masyarakat. Contoh kodenya biasanya pakai huruf sperti Exit A,B, C,D atau bisa C1, C2, dan lain sebainya."


3.  Nan Lian Garden & Chi Lin Nunnery.
Beranjak dari MTR Sha Tin kami kemudian menuju Kowloon Tang kembali untuk ganti ke MTR Line hijau menuju Diamond Hill. Kalian akan keluar langsung dari mall Plaza Hollywood, dan dari sini hanya tingga jalan ke arah kiri mengikuti pedestrian hingga bertemu pertimbangan rambu-rambu jalan yang tertulis Nan Lian Garden & Chi Lin Nunnery. Udah deh, tingga nyebrang dari rambu - rambu ini langsung ketemu gerbang Nan Lian Garden. Taman ini udah jadi wishlist di itinerary aku karena pada dasarnya aku suka lokasi yang hijau - hijau, keliatan asri dan semacamnya. Lokasi ini tentu juga free, namun di dalam taman tidak boleh makan dan minum (mineral water masih diijinkan).
Bonsai cantik di Nan Lian Garden. Photo by @DinataAyu
Nan Lian Garden. Photo by @DinataAyu
Taman ini dibuka di bulan November 2006 dan menjadi satu lokasi favorit turis lokal ataupun mancanegara. Di dalamnya ada beberapa gedung yang menampilkan arsitektur China, adapula Rockery dengan macam - macam batu - batuan dan kaligrafi, ada 1 gedung lainnya yang ga boleh dimasuki wisatawan, serta ada pula tempat penjualan souvenir. Oh iya, di kompleks gedung Rockery kamu juga akan menemukan puluhan tanaman bonsai yang sangat indah. Di masing - masing pot Bonsai juga telah tertera nama Bonsai terkait yang pasti telah dikelola dan dirawat baik oleh ahli tanaman di Nan Lian Garden. Semua tanaman, pepohonan dan bunga - bunga di Nan Lian Garden tertata sangat cantik dan sangat terawat. Bahkan saat itu kamu melihat ahli taman sedang mengecek kondisi daun dan ranting pohon untuk mengetahui tingkat kesuburan tanaman. Jujur, saya tidak mengeksplore seluruh lokasi, karena hari itu gerimis semakin deras, akhirnya saya naik tangga penyebarangan (dari lokasi Nan Lian Garden) menuju Chi Lin Nunnery.

Gedung Rockery dengan lokasi bebatuan & kaligrafi, Photo by @DinataAyu

Muesum arsitetur Cina. Photo by @DinataAyu
Chi Lin Nunnery. Photo by @DinataAyu
Arsitetur Chi Lin Nunnery benar- benar sesuai dengan yang dipamerkan di gedung arsitek cina di Nan Lian Garden. Masuk ke area ini benar - benar merasakan kembali lagi ke jaman dahulu masa kerajaan lampau dan begitu kuat sentuhan gama Buddha di gedung ini. Di beberapa ruang ada patung Buddha dari emas berukuran cukup besar (kalau dikira - kira 2m lebih kayaknya) karena pihak sekuriti  obyek wisata juga tidak mengijinkan wisatawan mengambil foto Buddha emas ini.


4. Garden of Stars
Dulu namanya Avenue of Stars lokasinya pas di tepi laut. Tapi pemerintah setempat memindahkan lokasi ini sebenarnya tidak jauh dari lokasi awal, mungkin sekitar 5 menit jalan kaki. Kalian di sini akan menemukan patung Anita Mui, Bruce Lee, cap telapak tangan dari artis - artis Hong Kong dan sekitarnya, serta banyak patung - patung lainnya yang bisa menjadi spot foto oke. Lokasi ini tentu free karena menjadi taman yang sengaja disiapkan menjadi satu daya tarik wisatawan. Aku jalan kaki dari jalan utama di Tsim Tsa Tsui ke arah Hong Kong Space Museum. Dari sini kalian jalan ke arah hotel Peninsula, lanjut terus sekitar 200 meter (kayaknya sih nggak ada 200m). Kalian akan menemukan lift menuju Garden of Stars.

Patung Bruce Lee. Photo by @DinataAyu
Photo by @DinataAyu

Cap Telapak tangan Jackie Chan. Photo by @DinataAyu

Oh iya, sebagai masukan, kalian better datang ke sini sore harinya sekitar pukul 5 sore, ya disesuaikan kita- kira kalian akan butuh berapa lama foto - foto di sini, atau sekedar bersantai. Setelah itu pulangnya kalian langsung mampir ke pusat Kebudayaan Hong Kong, sebelah hotel Peninsula, dan menunggu Symphony of Light, atraksi lampu laser dari gedung di area Central akan terlihat dari sini. Sembari nyantai dan liat lampu kelap kelip aja rasanya udah enak banget! Santaii.....



Ada beberapa teman yang bilang bahwa wisata ke Macau atau Hong Kong harus siap budget karena katanya mahal. Apa aja yang mahal di sini:
  1. Air putih rata rata 10.000 (botol kecil) - 23.000 (tergantung ukuran botol dan brand-nya).
  2. Makan per orang rata- rata Rp. 100.000 (ada sih yang 80ribuan tapi kalian kudu pinter search lokasi makan murah.
  3. Transportasi (Tapi karena udah ke-handle sama Octopus Card jadinya engga berasa pengeluarannya. Tau - tau, 3 hari penggunaan udah mau 100HKD aja). Tapi perlu diingat, Octopus Card itu tidak hanya bisa digunakan di MTR, bus, dan alat transportasi lainnya, namun bisa juga di 7 eleven dan toko tertentu yang ada tanda Tap Card Octopus-nya. Gampang dan mudah! Coba di Indonesia ada kartu sakti macam gini ya. Efisien karena mulai meminimalisir cash money.
  4. Hati - Hati kalau nyoba streetfood. Meski kayaknya makanan pinggiran tapi kalau ngga tanya dulu harganya bisa jadi malah lebih mahal dari biaya makanmu sehari. Jadi selalu jeli ya teman - teman.
Nunggu Symphony of Light. Photo by @DinataAyu

Tips liburan di Hong Kong!
  1. Sesampainya di Hong Kong, pastikan kamu sudah terkoneksi internet (kamu bisa beli SIM Card dulu di Bandara, Sevel, dan lain sebagainya). Meskipun Hong Kong menyediakan wifi di berbagai tempat, tapi bagi kalian yang merasa kurang efisien on off wifi setiap berpindah tempat, memang SIM Card lokal lebih dianjurkan. Kamu bisa pakai Discover Hong Kong atau KLook, sesuai selera kamu aja deh.  Harga Discover Hong Kong rata-rata 150HKD, untuk Klook aku kurang mengetahui karena biasanya paket harga ada yang untuk 3 hari, 5 hari dan lain sebagainya. :)
  2. Gunakan Octopus card. Kamu bisa beli di stasiun MTR terdekat dengan harga 150HKD. Tidak hanya untk transportasi namun kamu juga bisa belanja pakai Octopus Card (di toko dengan logo tertentu).
  3. Mintalah Peta MTR Hong Kong ke petugas informasi stasiun. Bagi turis seperti kami yang bukan orang lokal, pasti butuh waktu untuk memahami sistem transportasi di Hong Kong. Namun saat sudah paham, maka sistem yang sudah disiapkan sebenarnya sangat mempermudah kita khususnya sebagai pelancong dari luar Hong Kong. Aku dan Fendi aja berulang kali terkagum saat memikirkan, bagaimana perencanaan pembuatan jalur transport MTR ini, berapa lama bikinnya, gimana sosialisasinya, bisa jalur subway sebersih ini, dan pemikiran - pemikiran lainnya yang mengarah pada pertanyaan: "Kapan ya Indonesia bisa gini?".
  4. Jangan ragu untuk nyoba makanan dan minuman lokal. Selama kamu ngga ada larangan tertentu sebenarnya tidak ada salahnya kamu mencoba snack, jajanan, dan makanan lokal. Dari mana aku dapat info makanan yang direkomendasikan? Kalian bisa buka Trip Advisor, Google Trip dan pada akhirnya kalian bisa pakai google search untuk manual search. Hehehe. Aku kemarin berhasil mencoba beberapa makanan yang direkomendasikan para traveler di Tripadvisor, dan informasinya cukup bermanfaat sekali. Secara di sini, kalau kalian harus makan makanan halal, mungkin butuh effort untuk cari lokasi makan enak, murah, tapi halal.
Lagi mampir Sharetea, di Central. Minumannya enak - enak. Photo by @DinataAyu
EXTRA!
Paragraf terakhir adalah request atau pertanyaan beberapa teman tentang "Kamu kalau jalan - jalan gitu habis duit berapa sih?". Nah ini kadang bisa jadi pertanyaan susah dijawab, kenapa? karena kalau aku menyebut nominal langsung pada mikir angka bulatnya saja "Wah Gede ya budgetnya" Wah ga punya duit kalau segitu" dan lain sebagainya. P-A-D-A-H-A-L untuk mencapai angka total ini aku dan Fendi juga butuh persiapan bahkan bisa sampai satu tahun sebelumnya. Sebenarnya aku pernah bahas pembagian timeline waktu ini.

TIPS MENEKAN BIAYA TRAVELING!
Aku bukan 100% backpacker yang apa - apa harus low budget dan berhemat, bahkan ada beberapa yang akhirnya stay sama warga atau tidur di ruang public. Ada berbagai macam gaya traveling, dan untuk kami masih 50% cari murah - murah 50% lagi fleksibel (hehehe... tergantung ke negara mana kami berkunjung).  Jadi untuk persiapan traveling ke Macau - Hong Kong ini aku perlu waktu sekitar 8 bulan sebelumnya. Berikut timeline sederhana tentang persiapan traveling ke Macau - Hong Kong:

  • September 2017        : Pembelian tiket ke Jakarta - Macau (promo Air Asia)
  • Okt - Des 2017    : Menstabilkan limit kartu kredit untuk mempersiapkan akomodasi dan transpor lainnya (Jogja - Jakarta - Jogja)
  • Jan 2017 - Feb 2018  : Pembelian hotel di Macau
  • Mar - April 2018       : Pembelian tiket Jogja -Jakarta -Jogja) dan pembelian hotel di HongKong
  • Mei 2018                   : Pembelian hotel di Jakarta dan Tiket Jakarta - Jogja
Jadi tips dari aku, siapkan rencana traveling dari beberapa waktu sebelumnya. Mungkin ada juga dari kalian yang sukannya suddenly jalan - jalan, tapi kalau aku kudu well prepared dulu biar mengantisipasi hal - hal yang ga diinginkan. Lebih tepatnya biar kita bisa memperkirakan pengeluaran yang akan dibutuhkan.
"Kalian bisa juga membeli tiket promo langsung PP sekalian, karena mengantisipasi harga akan naik kalau kalian beli tiket salah satunya dulu. Rajin - Rajin nonton update promo di maskapai tertentu kayak Air Asia, bahkan kadang Garuda Indonesia juga kasih promo penerbangan."

GARIS BESAR RINCIAN BIAYA!
Tiket PP Jogja - Jakarta - Jogja   : Rp. 1.730.000 / utk 2 pax (mahal pas pulang, hiks!)
Tiket Macau - HK - Jakarta         : Rp. 3.960.000/ untuk 2 pax (udah incld. beli bagasi 20kg)
Hotel Macau 2 malam                 : Rp. 1.275.000
Hotel Hong Kong 2 malam         : Rp.    480.000
Hotel Jakarta 1 malam                : Rp.     160.000 (Airyroom)
Transport Macau                         : Rp.     250.000 (naik bus rata-rata 6MOP sekali jalan)
Transport HK                              : Rp.     540.000 (beli Octopus 2 orang)
Naik Ferry Macau - HK              : Rp.     576.000 (untuk 2 orang)
Tiket masuk wisata                      : Rp.       54.000 (1 tempat aja yang bayar - Macau Giant Panda)
Makan + Jajan + Oleh2 Macau   : Rp.   1.000.000
Makan + Jajan + Oleh2 HK        : Rp.   1.800.000
                                     TOTAL    :Rp. 11.825.000  (2 orang jadi per orangnya sekitar 5.9juta)


Kembali aku bilang, aku ga sepenuhnya 100% backpacker, aku juga masih kegoda untuk jajanan beli oleh - oleh buat orang - orang rumah dan kantor (meskipun cuman Snack atau gantungan kunci tapi yang penting berbagi kebahagian). Jadi lagi - lagi budget di atas hanyalah perkiraan sederhana, karena aku tidak mencatat angka exact nya kecuali akomodaasi dan transportasi. Mungkin diantara kalian bisa lebih mahal atau lebih murah dari angka di atas sesuai dengan budget traveling kalian.

Pardon our face!
Jadi bagi kalian yang berencana traveling ke Hong Kong, jika ada hal - hal penting yang aku terlewat menginfokan yuk leave komentar atau bisa juga cek di instagramku untuk tau foto - foto seru perjalanan di Macau & Hong Kong. Share juga yuk siapa tau kalian punya cerita seru di Hong Kong yang belum sempat aku cobain.






3 comments :

  1. SABUNG AYAM - BOLA - CASINO - TOGEL - POKER

    DIJAMIN ANDA AKAN BERMAIN DENGAN AMAN!!!

    TUNGGU APALAGI!!! KUNJUNGI WEBSITE B O L A V I T A.WIN

    WA : +62812-22-22-995
    Line : cs_bolavita
    Wechat : Bolavita

    ReplyDelete
  2. 8TogeL Adalah Situs Game TOTO Online Terpercaya Indonesia, Yang Menyediakan Permainan Online Seperti, TOGEL Online, Dingdong Online, Dadu Online, Sicbo Online, Poker Online, Dan Ceme Online, Dan Bisa Di Mainkan Dengan 1 ID Untuk 6 Game,Tersedia Aplikasi Android

    ReplyDelete

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi